5 Cara Menyampaikan Kritik Dengan Positif Dan Santun

Suda tahukah kamu cara menyampaikan kritik dengan baik, positif dan santun? Jika belum, mari kita baca artikel ini dengan seksama sampai selesai !

cara-menyampaikan-kritik


A.     Pengertian Kritik

Kritik, merupakan suatu tanggapan atau pendapat  yang disertai dengan penjelasan dan pertimbangan tentang baik buruknya suatu sikap,hasil karya dan ucapan orang lain. Kritik juga bisa berarti celaan terhadap sesuatu yang dianggap buruk dan menyimpang. Misalnya lingkungan pasar yang dipenuhi banyak sampah.

Baca Ini : cara memberi pujiankepada orang lain

B. Tujuan Kritik

Kita sering beranggapan bahwa kritik itu adalah suatu cara orang lain untuk menjatuhkan kita dan menyerang kita. Yah, emangsih ada sebagian orang yang tujuannya seperti itu, tpi perlu diketahui bahwa kritik semacam itu bukanlah kritik yang positif. Sementara kritik yang positif dan benar adalah kritik yang membangun, meningkatkan kebaikan orang lain. Kritik yang positif akan memotivasi seseorang untuk berkembang.

Perlu diketahui, megkritik jangan asal mengkritik saja. Tetapi, untuk kepentingan dan untuk hal yang penting-penting saja. Dan lebih baiknya untuk kepentingan dan kemajuan orang lain.  Saat mengkritik jangan lupa gunakanlah bahasa santun agar orang tidak tersinggung.

B.    Cara Mengkritik Yang Positif Dan Santun

Bagaimana cara Mengkritik yang positif yang membangun?  Nah, kalau kita sudah tahu tujuan kritik itu, mari kita simak beberapa cara dalam menyampaikan kritik yang benar.

1.        Kritik dan berikan solusi

Sebelum mengkritik, kamu perlu mengetahui dan memahami masalah dan situasi mengapa ia harus di kritik. Setelah mengetahui masalahnya, mulailah menyampaikan kritikmu dan jangan lupa untuk memberikan solusi yang terbaik denan cara yang santun jangan dengan marah-marah atau dengan bahasa yang kasar.

Jika kamu hanya mengkritik, kritikanmu akan berlalu begitu saja. tetapi, jika diikuti dengan saran, maka kemungkinan ia  akan mengingat apa yang kamu sampaikan dan bisa saja mengikuti saran yang kamu sampaikan.

        Lagi pula, ketika kita melewati kritik, kita sudah bisa melihat sisi kekurangannya dan itu bisa diperbaiki atau diperbaiki, bukan? Oleh karena itu, selalu berikan koreksi yang diikuti dengan solusi atau saran. Jangan hanya menunjukkan apa yang salah tanpa menyebutkan koreksinya. Jika Anda hanya memberikan kritik, ada kepastian kritik akan berlalu tanpa preseden. Namun, jika nasihat itu diikuti, kemungkinan besar dia akan mengingat apa yang Anda katakan sebagai nasihat yang baik dan kemungkinan besar akan mengikuti nasihat Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memahami masalah atau situasi dan mengapa tindakan tersebut perlu dikritik sehingga Anda juga dapat menemukan solusi.

2.        Jangan menyampakan kritik di muka umum

Jika memang harus mengkritik, usahakan jangan di sembarangan waktu dan tempat. Aturan dalam mengkritik adalah tidak diperkenankan mengkritik orang di depan orang banyak. Alangkah baiknya apabila disampaikan secara empat mata atau sebelum mengkritik lihatlah situasi yang tepat.  apabila situasinya ramai, harap menahan diri dulu tunggu sampai situasi memungkinkan.

        Apa pun yang terjadi, kritik harus disampaikan secara empat mata. Hanya pujian yang boleh disampaikan di depan publik, kritik hanya boleh disampaikan antara Anda dan rekan kerja saja. Oleh karena itu, sebelum menyampaikan kritik, tengok situasi sekitar Anda, apakah memungkinkan menyampaikan kritik saat itu juga? Jika situasi terlalu ramai, tunggu hingga situasi memungkinkan atau ajak rekan kerja Anda untuk bicara secara empat mata di tempat lain.

Sekali lagi, jangan menyampaikan kritik di muka umum atau di depan orang banyak. Hal yang layak disampaikan di depan orang banyak adalah pujian.

3.        Mulailah dengan memuji

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa kritik sering dianggap cara menyerang seseorang atau menjatuhkan seseorang. Jadi bagaimanapun membangunnya suatu kritik, pasti penerima kritik masi merasa diserang.

 Lalu, bagaimana cara menyampaikan kritik? Mulailah dengan kalimat positif, berikan pujian terhadap kelebihan yang dimilikinya dengan jujur dan tulus. Jangan memperlihatkan emosi, kata kasar, hindari menyalahkan dan menyerang pribadi.

          Namun, kritik, betapapun konstruktifnya, dapat menyinggung dan menyinggung penerima saat pertama kali mendengarnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memulai percakapan dengan seseorang yang memiliki hal-hal baik untuk dilakukan, dan memuji dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan selama ini. Tunjukkan bahwa apa yang akan Anda katakan selanjutnya tidak berarti bahwa dia telah melakukan sesuatu yang salah atau salah. Bangun rasa percaya diri agar kritik Anda tidak langsung terasa seperti serangan terhadapnya.

4. Sampaikan kritik dengan jelas

Agar kritik/saranmu bisa diterima dengan baik, upayakanlah menyampaikan kritik dengan jelas, dengan tidak emosi karena dapat berakibat penerima kritik mengabaikan dan tidak menyukai Anda. sampaikanlah dengan kata-kata yang muda dipahami dan memperhatikan nada suara. Pastikan juga Ia memahami maksud Kamu.

Untuk membuat poin Anda lebih menarik, sajikan ide Anda dengan jelas dan singkat. Hindari mengkritik pendapat tinggi Anda karena ini akan mempengaruhi tanggapan kritikus. Juga, hindari membandingkan diri Anda dengan rekan kerja Anda, bahkan jika Anda ingin memberi contoh. Tidak ada orang yang suka dibandingkan, apalagi jika berada dalam posisi dikritik.

 

Perbandingan dapat membuat seseorang merasa rendah diri dan lebih rentan. Namun, kritik Anda tidak hanya diabaikan, orang tersebut juga memberontak terhadap Anda.

5.        Hindari membanding-bandingkan

Membanding-bandingkan seseorang dengan orang lain merupakan hal yang tidak baik. Hal ini dapat membuat orang  tersinggung dan merasa tidak dihargai. Hindari hal ini meskipun maksud Kamu untuk memberi contoh karena Hampir semua orang tidak suka dibanding-bandingkan bahkan kamu bisa dibenji.

6. Kritik Anda Bukan Harga Mati

Terakhir, jika Anda telah mengajukan kritik dan menawarkan solusi, tetapi rekan kerja Anda menolak untuk menerimanya, bahkan mungkin menyerang, ingatlah bahwa kritik Anda belum terselesaikan. Anda berhak untuk mengabaikan, mengabaikan, atau menolak dikritik atas komentar Anda. Akhiri percakapan Anda dengan mengulangi bahwa sudut pandang Anda bukan untuk menyerang atau merendahkan, tetapi karena Anda melihat bahwa ada jalan atau sikap yang lebih baik yang dapat dia ambil ketika menghadapi situasi tertentu, maka Anda menyampaikan kritik dan saran ini. Pastikan Anda memahami bahwa bukan orang yang Anda sukai, tetapi sikap atau tindakannya yang Anda harap dapat dia perbaiki

 

 

Itulah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan saat memberikan kritik kepada orang lain. Pada intinya kritik adalah saran, bukan menjatuhkan melainkan untuk membangun, dan mengembangkan diri seseorang. Orang yang mencari kelemahan dan kesalahan orang lain itu bukan kritik yang positif.

Baik, kawan-kawan. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai semoga kalian mendapatkan ilmu dari saya.

 

 

0 Response to "5 Cara Menyampaikan Kritik Dengan Positif Dan Santun"