Suda tahukah kamu cara
menyampaikan kritik dengan baik, positif dan santun? Jika belum, mari kita baca
artikel ini dengan seksama sampai selesai !
A. Pengertian Kritik
Kritik, merupakan suatu
tanggapan atau pendapat yang disertai
dengan penjelasan dan pertimbangan tentang baik buruknya suatu sikap,hasil
karya dan ucapan orang lain. Kritik juga bisa berarti celaan terhadap sesuatu
yang dianggap buruk dan menyimpang. Misalnya lingkungan pasar yang dipenuhi banyak
sampah.
Baca Ini : cara memberi pujiankepada orang lain
B.
Tujuan Kritik
Kita sering beranggapan
bahwa kritik itu adalah suatu cara orang lain untuk menjatuhkan kita dan
menyerang kita. Yah, emangsih ada sebagian orang yang tujuannya seperti itu,
tpi perlu diketahui bahwa kritik semacam itu bukanlah kritik yang positif.
Sementara kritik yang positif dan benar adalah kritik yang membangun,
meningkatkan kebaikan orang lain. Kritik yang positif akan memotivasi seseorang
untuk berkembang.
Perlu diketahui,
megkritik jangan asal mengkritik saja. Tetapi, untuk kepentingan dan untuk hal
yang penting-penting saja. Dan lebih baiknya untuk kepentingan dan kemajuan
orang lain. Saat mengkritik jangan lupa
gunakanlah bahasa santun agar orang tidak
tersinggung.
B. Cara Mengkritik Yang Positif Dan Santun
Bagaimana cara
Mengkritik yang positif yang membangun?
Nah, kalau kita sudah tahu tujuan kritik itu, mari kita simak beberapa
cara dalam menyampaikan kritik yang benar.
1.
Kritik
dan berikan solusi
Sebelum mengkritik,
kamu perlu mengetahui dan memahami masalah dan situasi mengapa ia harus di
kritik. Setelah mengetahui masalahnya, mulailah menyampaikan kritikmu dan
jangan lupa untuk memberikan solusi yang terbaik denan cara yang santun jangan
dengan marah-marah atau dengan bahasa yang kasar.
Jika kamu hanya mengkritik,
kritikanmu akan berlalu begitu saja. tetapi, jika diikuti dengan saran, maka
kemungkinan ia akan mengingat apa yang
kamu sampaikan dan bisa saja mengikuti saran yang kamu sampaikan.
Lagi
pula, ketika kita melewati kritik, kita sudah bisa melihat sisi kekurangannya
dan itu bisa diperbaiki atau diperbaiki, bukan? Oleh karena itu, selalu berikan
koreksi yang diikuti dengan solusi atau saran. Jangan hanya menunjukkan apa
yang salah tanpa menyebutkan koreksinya. Jika Anda hanya memberikan kritik, ada
kepastian kritik akan berlalu tanpa preseden. Namun, jika nasihat itu diikuti,
kemungkinan besar dia akan mengingat apa yang Anda katakan sebagai nasihat yang
baik dan kemungkinan besar akan mengikuti nasihat Anda. Oleh karena itu,
pastikan Anda memahami masalah atau situasi dan mengapa tindakan tersebut perlu
dikritik sehingga Anda juga dapat menemukan solusi.
2.
Jangan menyampakan kritik di muka umum
Jika memang harus
mengkritik, usahakan jangan di sembarangan waktu dan tempat. Aturan dalam
mengkritik adalah tidak diperkenankan mengkritik orang di depan orang banyak.
Alangkah baiknya apabila disampaikan secara empat mata atau sebelum mengkritik
lihatlah situasi yang tepat. apabila
situasinya ramai, harap menahan diri dulu tunggu sampai situasi memungkinkan.
Apa pun yang terjadi, kritik harus
disampaikan secara empat mata. Hanya pujian yang boleh disampaikan di depan
publik, kritik hanya boleh disampaikan antara Anda dan rekan kerja saja. Oleh
karena itu, sebelum menyampaikan kritik, tengok situasi sekitar Anda, apakah
memungkinkan menyampaikan kritik saat itu juga? Jika situasi terlalu ramai,
tunggu hingga situasi memungkinkan atau ajak rekan kerja Anda untuk bicara
secara empat mata di tempat lain.
Sekali lagi, jangan
menyampaikan kritik di muka umum atau di depan orang banyak. Hal yang layak
disampaikan di depan orang banyak adalah pujian.
3.
Mulailah dengan memuji
Seperti yang saya
katakan sebelumnya, bahwa kritik sering dianggap cara menyerang seseorang atau
menjatuhkan seseorang. Jadi bagaimanapun membangunnya suatu kritik, pasti
penerima kritik masi merasa diserang.
Lalu, bagaimana cara menyampaikan kritik?
Mulailah dengan kalimat positif, berikan pujian terhadap kelebihan yang dimilikinya
dengan jujur dan tulus. Jangan memperlihatkan emosi, kata kasar, hindari
menyalahkan dan menyerang pribadi.
Namun,
kritik, betapapun konstruktifnya, dapat menyinggung dan menyinggung penerima
saat pertama kali mendengarnya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memulai
percakapan dengan seseorang yang memiliki hal-hal baik untuk dilakukan, dan
memuji dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan selama ini. Tunjukkan bahwa
apa yang akan Anda katakan selanjutnya tidak berarti bahwa dia telah melakukan
sesuatu yang salah atau salah. Bangun rasa percaya diri agar kritik Anda tidak
langsung terasa seperti serangan terhadapnya.
4. Sampaikan kritik dengan jelas
Agar kritik/saranmu
bisa diterima dengan baik, upayakanlah menyampaikan kritik dengan jelas,
dengan tidak emosi karena dapat berakibat penerima kritik mengabaikan dan tidak
menyukai Anda. sampaikanlah dengan kata-kata yang muda dipahami dan
memperhatikan nada suara. Pastikan juga Ia
memahami maksud Kamu.
Untuk
membuat poin Anda lebih menarik, sajikan ide Anda dengan jelas dan singkat.
Hindari mengkritik pendapat tinggi Anda karena ini akan mempengaruhi tanggapan
kritikus. Juga, hindari membandingkan diri Anda dengan rekan kerja Anda, bahkan
jika Anda ingin memberi contoh. Tidak ada orang yang suka dibandingkan, apalagi
jika berada dalam posisi dikritik.
Perbandingan
dapat membuat seseorang merasa rendah diri dan lebih rentan. Namun, kritik Anda
tidak hanya diabaikan, orang tersebut juga memberontak terhadap Anda.
5.
Hindari membanding-bandingkan
Membanding-bandingkan
seseorang dengan orang lain merupakan hal yang tidak baik. Hal ini dapat
membuat orang tersinggung dan merasa
tidak dihargai. Hindari hal ini meskipun maksud Kamu untuk memberi contoh
karena Hampir semua orang tidak suka dibanding-bandingkan bahkan kamu bisa
dibenji.
6. Kritik Anda Bukan Harga Mati
Terakhir, jika Anda telah mengajukan kritik dan menawarkan solusi, tetapi rekan kerja Anda menolak untuk menerimanya, bahkan mungkin menyerang, ingatlah bahwa kritik Anda belum terselesaikan. Anda berhak untuk mengabaikan, mengabaikan, atau menolak dikritik atas komentar Anda. Akhiri percakapan Anda dengan mengulangi bahwa sudut pandang Anda bukan untuk menyerang atau merendahkan, tetapi karena Anda melihat bahwa ada jalan atau sikap yang lebih baik yang dapat dia ambil ketika menghadapi situasi tertentu, maka Anda menyampaikan kritik dan saran ini. Pastikan Anda memahami bahwa bukan orang yang Anda sukai, tetapi sikap atau tindakannya yang Anda harap dapat dia perbaiki
Itulah beberapa cara yang bisa Kamu lakukan saat
memberikan kritik kepada orang lain. Pada intinya kritik
adalah saran, bukan menjatuhkan melainkan untuk membangun, dan mengembangkan
diri seseorang. Orang yang mencari kelemahan dan kesalahan orang lain itu bukan
kritik yang positif.
Baik,
kawan-kawan. Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai semoga
kalian mendapatkan ilmu dari saya.
0 Response to "5 Cara Menyampaikan Kritik Dengan Positif Dan Santun"
Post a Comment